Apabilah anda ingin refresing dan berobat, tapi bingung menentukan pilihan tempatnya? pilihlah Banyubiru sebagai pilihan Anda. Tempat ini biasanya dibuat mandi yang dapat menyembuhkan penyakit kulit terutama penyakit gatal.Banyubiru adalah sebuah tempat pemandian semacam telaga yang airnya berwarna biru. Anda bisa bepergian ke sejumlah Tempat termasuk Malindo (Super market), Rawa, Bermacam-macam Gua dan tempat-tempat indah lainnya. Telaga alami di desa Lowayu ini pastinya akan membuat Anda merasa betah bersantai.  Selain menikmati tempat yang indah, Anda juga dapat mencoba kegiatan seperti mancing,  menyelam, sawah-sawah, sungai dll.

Banyubiru airnya bening kebiruan dan berada di bawah rimbunnya pohon beringin. Kejadian ini membuat bingung penduduk. Mereka bertanya-tanya dari manakah asal air itu? Apakah ini berkat ataukah pertanda bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Apa gerangan yang membuat fenomena ini terjadi?

Airnya sebening air mata dan warnanya sebiru pupil mata nona endo Lisawa. Penduduk desa Lowayu pun berkabung. Mereka berjanji akan menjaga dan memelihara telaga yang mereka namakan Banyubiru.

Banyubiru kala itu selalu tampak bersih. Airnya sejernih kristal berwarna kebiruan. Setiap dedaunan yang jatuh di atasnya tidak akan tenggelam karena seolah terhisap untuk dibersihkan oleh bebatuan yang ada di tepinya. Sampai saat ini Banyubiru masih terus terjaga di masyarakat.

About these ads