Tips (Cara) Agar Gemar Membaca

بسم الله الرحمن الرحيم

10 Tips Gemar Membaca

10 cara penting yang bisa membantu Anda untuk senang membaca, antara lain sebagai berikut:

1.Apa tujuan anda membaca?

Secara mutlak cara ini adalah cara yang paling penting yakni dengan menghadirkan, apa tujuan Anda membaca dan mangapa Anda membaca.

2.Menyusun perencanaan dalam membaca

Cara penting yang membantu agar senang membaca ialah menyusun perencanaan dalam membaca. Tidak ada gunanya membaca secara asal-asalan, akan tetapi hendaknya Anda menyusun perencanaan yang jelas dalam membaca.

3.Mengatur waktu

Yaitu menentukan waktu untuk membaca dan menggunakan semaksimal mungkin waktu yang jelas-jelas kosong, dalam artian jangan sampai menunggu sampai malam untuk membaca bacaan anda, tetapi tentukan waktu yang tepat.

4.Mulailah step by step

Ketika sebagian orang membaca lembaran-lembaran tentang urgensi membaca, maka semangatnya akan menggelora, meningkatlah himmahnya dan akan berburu-buru membeli setumpuk buku kemudian ia akan bersegera membacanya dan meluangkan waktu yang sangat banyak untuk itu. Ini adalah hal yang kurang benar dalam menumbuhkan minat baca, lebih baik lakukanlah sedikit demi sedikit karena semua hal itu pasti membutuhkan proses.

5.Totalitas dalam membaca

Ditegaskan bahwa membaca bukanlah hobi, melainkan pekerjaan terpuji yang membutuhkan pemikiran, waktu, harta, kesungguhan dan pengorbanan.

6.Teratur dalam mengikat makna

Cara ini adalah menjaga keteraturan dalam mengambil ilmu yakni dengan sistem pencatatan yang tertata rapi, selalu menjaga keteraturan dan kerapian yang dibutuhkan dalam segala aspek.

7.Buatlah perpustakaan di rumah

Dengan membuat perpuastakaan yang tepat dapat menampung berbagai buku yang paling penting dalam hidup Anda.

8.Sampaikan apa yang Anda baca

Dalam hal ini faedahnya banyak sekali diantaranya adalah agar ilmu yang Anda dapat terpatri dalam otak dan orang lain pun bisa mengambil manfaatnya.

9.Bantu sahabat Anda dalam membaca

Dalam hal ini, anda bisa membentuk kelompok membaca bersama kawan–kawan Anda. Kelompok yang ideal biasanya terdiri dari 3 sampai 5 orang. Lakukan kegiatan berkumpul seminggu sekali untuk mendiskusikan apa-apa yang telah dibaca.

10.Carilah ilmu dari para ulama

Dari beberapa cara diatas, dalam cara kesepuluh ini Anda menimba ilmu dari para ulama, ahli dan orang yang memiliki pengalaman, karena dari para orang itulah kita pasti mendapat pengalaman-pengalaman baru yang belum kita temukan.

Itulah 10 cara yang bisa membantu Anda agar membaca menjadi kebutuhan kita. Buktikan, anda pasti mampu ………….!!!!!!!

   

    

 

Biasanya tradisi membaca buku, baik itu buku Agama atau Umum di pondokku (Mamba’us Sholihin Suci Manyar Gresik), itu dilaksanakan tiap hari, begitu juga di pondokku Al-Muhtarom Lowayu dukun Gresik, itu juga dilaksanakan tiap hari . Tanpa ada kata-kata bosan atau malas, Semuanya rajin membaca buku-buku, karena menggunakan tips-tips diatas.

By: Ali Mahrus Lowayu Dukun Gresik 
Ahad, 02 Oktober  2011 
Sekian mudah-mudahan bermanfa’at, Amin..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: