Berbusana yang Baik Ala Al-Qur’an

بسم الله الرحمن الرحيم


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat saudaraku fillah…

Sebagai makhluk Allah yang memiliki etika, pakaian merupakan kebutuhan yang utama selain makan dan tempat tinggal. Untuk hidup yang baik cara berpakaian pun harus baik pula. Bagi kita pakaian yang baik bukan hanya sebagai pelindung dari sengatan sinar matahari dan dinginnya malam tapi lebih dari itu pakaian adalah sebagai identitas pembeda dengan umat yang lain. Hidup akan lebih nyaman jika identitas kita jelas dan terang. Busana yang baik bagi muslimah adalah seperti dalam firman Allah berikut ini:

Katakanlah kepada wanita yang beriman,” Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra -putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan( terhadap wanita),atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. ( QS. An-Nur : 31 ).

“Hai nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka . Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ( QS. Al- Ahzab : 59).

Sahabat, saudaraku fillah…

Jilbab yang dimaksud adalah pakaian yang panjang, tidak membentuk tubuh( tidak ketat) , tidak tipis dan tidak menyerupai laki-laki. Jilbab saat ini adalah salah satu gaya berpakaian yang tren. Dimana-mana banyak kita temui wanita sudah mengenakan pakaian yang syar’i. Namun ada beberapa wanita yang masih enggan mengenakan dengan berbagai alasan diantaranya; belum siap, merasa tidak gaul, ribet dan sejumlah alasan lain. Padahal kita lihat mereka berakhlaq mulia dan menjalankan berbagai perintah Allah dengan baik, tapi mengapa masih ragu menutup aurat? Padahal menutup aurat bagi wanita yang berusia baligh hukumnya adalah wajib.

Sahabat, saudaraku fillah…

Untuk menjadi baik itu memang butuh perjuangan. Terkadang sering kita mendengar suara-suara yang tidak baik ketika pertama kali kita menutup aurat. Ada yang menganggap sok alim, tidak modern, primitif dan sering mendapat panggilan-panggilan tertentu yang terkadang menyulut kemarahan kita. Namun demikian janganlah menyurutkan langkah untuk memenuhi perintah Allah tersebut mengingat menutup aurat adalah wajib dan berdosa apabila kita tidak melaksanakan.

 

   

By: Ali Mahrus Lowayu Dukun Gresik
Jum’at, 18 November  2011

Sekian mudah-mudahan bermanfa’at, Amin..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: